Skip to main content

4 Tips Merawat Ikan Agar Tidak Mudah Mati

Banyak orang yang suka memelihara ikan hias di akuarium bertujuan sebagai hiasan estetika saja ataupun hanya untuk memelihara saja atau bisa disebut sekedar hobi. Namun ketika memelihara ikan terdapat hambatannya yaitu diantaranya ikan cepat sakit ataupun ikan mudah mati.


Hal tersebut dikarenakan terdapat suatu kesalahan entah itu ketika merawatnya atau memberikan pakan pada ikan hias. Nah namun jangan khawatir karena di bawah ini akan diberikan tips bagaimana cara memelihara ikan atau merawat ikan agar tidak mudah mati cepat.


4 Tips Merawat Ikan Agar Tidak Mudah Mati


1. Sesuaikan Jumlah Ikan dengan Ukuran Akuarium
Jika ingin memelihara ikan dengan jumlah yang banyak, pastinya anda juga harus memperhatikan ukuran akuarium anda. Bayangkan saja jika akuarium anda ukurannya kecil akan tetapi jumlah ikannya cukup banyak, maka mungkin keesokan harinya ikan pada mati. Maka dari itu sesuaikan antara ukuran akuarium dengan jumlah ikan. Hal tersebut agar ikan mendapatkan oksigen yang cukup.

2. Beri Makan Sehari Sekali
Memang ketika memberi makan kepada sang ikan sangat menyenangkan, apalagi kalau pada doyan makan semua. Nah pasti anda sering kali memberikan makan, namun hal tersebut sangat berbahaya sekali untuk ikan, dan jika pakan ikan terlalu banyak malah menajdi racun.

3. Berikan Filter dan Aerator
Mungkin diantara anda sudah banyak yang tahu mengenai kedua alat ini. Untuk filter sendiri berfungsi sebagai penyaring air yang ada di akuarium serta bisa menjaga akuarium tetap bersih. Sefangkan untuk Aerator berfungsi untuk penghasil gelembung ataupun oksigen dalam akuarium. Nah berilah kedua alat tersebut pada akuarium anda agar ikan anda tetap sehat.

4. Bersihkan Akuarium Secara Rutin
Membersihkan akuarium secara rutin dan rajin merupakan salah satu tindakan yang bagus karena dapat membuat ikan senang dan sehat tentunya. Selain membuat ikan sehat, jika akuarium bersih maka enak untuk dipandang.


Untuk membersihkan akuarium pun untuk akuarium tanpa filter dilakukan paling tidak 3 hari sekali sedangkan apabila anda menggunakan filter maka cukup sebulan sekali saja.

Jadi itulah mengenai cara merawat ikan agar tidak mudah mati, bagaimana cukup mudah bukan? semoga tips kali ini bermanfaat sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar