Skip to main content

10 Peluang Usaha Sampingan Di Desa yang Paling Menjanjikan Potensialnya dan Sukses

Peluang Usaha Sampingan Di Desa yang Paling Potensial dan Sukses- Banyak sekali peluang usaha sampingan di desa yang bisa dilakukan oleh entah itu bapak-bapak,ibu-ibu dan para pemuda pun bisa menjalankan. Keuntungan yang bisa didapatkan menjalankan usaha sampingan di desa juga tak main-main dan tentunya tidak kalah dengan keuntungan yang di dapat seorang yang berbisnis usaha sampingan di kota, dan bahkan peluang mendapatkan omset besar di desa juga sangat besar.

Biasanya usaha sampingan dilakukan hanya ketika di waktu sela sela pulang kerja ataupun pagi hari sebelum kerja dan bahkan tanpa perhatian serius pun bisnis usaha sampingan juga bisa berjalan dengan lancar dan normal. Mungkin diantara anda ada yang bertanya dan ingin tahu, kira-kira bisnis apa saja yang bisa dijalankan di desa dan tentunya harus yang menjanjikan hasilnya.

Seperti kita ketahui di desa merupakan suatu wilayah atau tempat yang paling kaya potensial sumber daya alam ataupun manusia, jadi sangat besar peluangnya untuk sukses, sekaligus di daerah desa tersebut juga sepi, hal tersebut tidak terlalu memiliki dampak pengaruh yang besar. Karena di desa sendiri merupakan tempat yang paling cocok untuk berbisnis sampingan.

Baca Juga 5 Merk Yogurt Untuk Salad Buah yang Enak Rasanya dan Murah Harganya

Mengenai macam usaha sampingan di desa yang berpotensial tinggi serta kemungkinan untuk sukses besar itu sangatlah banyak dan hanya memiliki tingkat kerugian yang sangat kecil dan minim intinya atau dengan kata lain mungkin bisa rugi akan tetapi tidak terlalu banyak ruginya. Setelah mengetahui hal hal tersebut, langsung saja di bawah ini terdapat sebuah referensi usaha sampingan di desa yang bisa anda jalankan dan tentunya sangat menjanjikan.

Peluang Usaha Sampingan Di Desa yang Menjanjikan dan Paling Sukses


1. Beternak Semut Rangrang

usaha sampingan di desa

Akhir akhir ini banyak masyarakat desa yang membudidayakan semut rangrang atau biasa juga disebut semut kroto. Semut rangrang atau kroto sendiri ini juga biasanya dijadikan sebagai makanan burung kicau, untuk mancing, dan bahkan untuk memberikan stamina lebih untuk manusia. Maka tak heran jika semut kroto ini memiliki harga jual yang cukup lumayan perkilogram nya ataupun per ons nya.

usaha sampingan di desa

Bisa anda lihat sendiri di atas ini terdapat list harga kroto beserta jenis krotonya, yang tentunya memiliki harga jual yang sangat tinggi. Padahal kroto itu hanya sebuah semut saja yang pastinya tidak terlalu susah untuk dibudidayakan.

Untuk memulai bisnis ternak kroto ini juga tidak terlalu sulit. Anda bisa memilih salah satu dari dua cara mengenai awal mula pembibitan, yaitu dengan cara beli pertoples yang sudah berisi ratu semut ataupun indukan semut yang biasanya dijual dengan harga 50 ribu per toples serta jika anda tidak ingin beli anda juga bisa mencari sendiri di pohon pohon besar yaitu berupa sarang kroto.

Setelah sekira mendapatkan sarangnya ataupun induknya maka dari itu anda sudah bisa memulai usaha sampingan di desa dengan mudah. Selain itu pakan kroto hanya air gula saja, dan anda jika sudah panen jual saja ke pengepul ataupun pasar pasar burung.

2. Budidaya Ikan Lele

usaha sampingan di desa

Ikan lele merupakan ikan yang hidupnya di air tawar serta memiliki kumis dan permukaan kulitnya pun sangat licin. Selain itu ikan lele juga termasuk ikan yang proses pertumbuhannya sangat cepat, maka tak heran banyak yang menjadikannya menjadi sebuah usaha sampingan di desa desa dan bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.

Untuk memulai bisnis usaha sampingan ini juga tidak terlalu susah, hanya menyiapkan kolam ikan ukuran 3x3 saja sudah bisa, jika tidak ada kolam, drum bekas pun sudah bisa anda jadikans sebagai media kolamnya. Selain itu nilai jual harga lele juga sangat besar dan menggiurkan.

usaha sampingan di desa

Selain itu harga bibit juga tidak terlalu mahal, dan harga pelet juga lumayan tidak terlalu mahal akan tetapi anda harus pintar pintar memanagemen pemberian makan pelet untuk lele agar cepat besar serta pakan lele tidak terlalu cepat habis. Secara simplenya usaha sampingan di desa budidaya ikan lele yaitu pembuatan kolam > penanaman benih > memberi makan > panen > penjualan.

3. Buka Toko Kelontong

usaha sampingan di desa

Banyak masyarakat di desa yang sudah menjalankan bisnis kelontong. Memang bisnis kelontong ini sangat menjanjikan sekali karena sudah pastinya masyarakat di desa ketika berbelanja tidak mau yang jauh alias cari yang dekat dengan rumah. Seperti kita ketahui bahwa toko kelontong merupakan peluang usaha sampingan yang biasanya menyediakan bahan bahan pokok kebutuhan masyarakat dan pastinya konsumennya masyarakat disekitarnya.


Untuk memulai bisnis kelontong ini juga harus menyiapkan modal paling tidak 500 ribu rupiah bahkan dari modal terkecil pun juga bisa. Mengenai tempat kelontong, anda juga tidak harus membuat bangunan sendiri, karena menggunakan rumah pun sudah bisa menjalankan usaha sampingan di desa ini. Jika anda seorang pekerja yang sibuk, anda bisa menjalankannya ketika hari libur, ataupun sepulang kerja.

4. Konter Pulsa

usaha sampingan di desa

Selanjutnya peluang usaha sampingan yang bisa anda jalankan di desa atau di rumah yaitu bisnis usaha konter pulsa ataupun konter kuota. Seperti kita ketahui seiring perkembangan zaman kuota internet dan pulsa sangat lah dibutuhkan maka dari itu anda bisa menjalankan bisnis ini dan bisa mendapatkan keuntungan yang banyak menjalankan bisnis usaha sampingan ini.

Modal untuk menjalankan usaha sampingan di desa ini juga tidak terlalu besar mulai dari 100 ribu , sampai 1 juta anda bisa membuat sebuah konter pulsa/kuota. Untuk modal kecil jika anda menginginkan hasil yang menjanjikan anda harus pandai memanagemen sendiri dan pintar pintar mengambil keuntungan.

5. Jual Tempura dan Minuman

usaha sampingan di desa

Selanjutnya usaha sampingan di desa yang bisa anda jalankan yaitu berjualan tempura serta menjual minuman dingin ataupun es juice. Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini juga tidak terlalu besar. Konsumen yang diincar menjalankan bisnis ini adalah anak anak sampai orang dewasa bahkan orang tua juga.

Hanya bermodalkan tempura,saus,minuman cepat saji,minyak goreng, wajan, kompor, dan masih banyak lagi anda sudah bisa memulai berjualan tempura. Perlu anda ketahui bahwa bisnis ini sangat mudah dijalankan dan anda tidak perlu mempunyai skill khusus.

6. Jual Telur Gulung dan Sempol

usaha sampingan di desa

Peluang usaha berikutnya yang bisa anda jalankan di desa yaitu menjual telur gulung dan sempol. Seperti kita ketahui bahwa kedua makanan tersebut sempat viral dikalangan masyarakat dan terbukti banyak yang suka. Hanya bermodalkan wajan, minyak, dan kompor anda sudah bisa menjual kedua makanan tersebut.

Selain itu cara membuat telur gulung dan sempol terbilang sangat mudah dan tidak terlalu sulit. Konsumen yang diincar yaitu anak anak sampai orang dewasa. Bisnis ini bisa dijalankan dengan mudah dan tanpa kerugian yang cukup besar jika tidak laku.

7. Jual Salad Buah

usaha sampingan di desa

Akhir akhir ini banyak sekali para anak muda mudi di desa yang banyak menjalankan usaha sampingan menjual salad buah. Cara membuat salad buah ini juga tidak terlalu susah alias gampang banget , hanya saja harus ada sedikit modal untuk membeli buah buahan yang segar, mayonaise, yogurt dan masih banyak lainya.

Cukup promosikan dari pintu ke pintu serta tak lupa juga diperkuat dengan media sosial , pasti akan banyak yang order salad buah tersebut. Harga percupnya anda juga bisa menjual dari 10 ribu sampai 30 ribu an. Sudah jelas akan mendapatkan banyak keuntungan, selain itu jika tidak laku anda bisa menyimpannya beberapa hari saja.

8. Buka Angkringan

usaha sampingan di desa

Selanjutnya usaha sampingan di desa yang bisa anda jalankan yaitu dengan membuka warung makan "Angkringan". Mungkin jika anda sering main ke jogja pastinya dengan mudah anda akan menemukan warung angkringan. Karena hampir setiap sudut jogja banyak sekali warung angkringan ini.

Anda cukup siapkan gerobak angkringan di rumah anda, ataupun tanpa gerobak juga bisa namun lebih estetika menggunakan gerobak angkringan dengan harga 2 juta an , anda sudah dapat gerobak angkringan. Jangan khawatir walaupun harganya mahal, pasti akan cepat balik modal. Setelah menyiapkan gerobak anda tinggal menyiapkan yang namanya nasi kucing atau nasi yang dibungkus kecil kecil, kemudian siapkan juga beberapa lauk seperti gorengan, sate usus, sate telur, tempura, minuman es teh dan es jeruk, dan masih banyak lagi.


Pastinya akan banyak yang datang ke tempat angkringan anda untuk membeli makanan ataupun ada juga sekedar nongkrong. Keuntungan yang di dapatkan dari bisnis usaha sampingan ini juga tidak main main bahkan di jogja ada yang sampai 1 juta perhari omset pendapatannya.

9. Jual Gorengan

usaha sampingan di desa

Seperti anda ketahui bahwa masyarakat indonesia ini sangat suka sekali yang namanya gorengan. Apalagi di desa desa , pasti banyak orang yang mencari gorengan entah itu lauk untuk makan, untuk di makan tanpa lauk dan masih banyak lainya. Selain itu anda juga tidak perlu menggunakan gerobak untuk berjualan gorengan ini, karena hanya meja saja anda sudah bisa menjual gorengan.

Selain itu anda juga harus membutuhkan wajan yang sangat besar serta minyak yang banyak agar bisa menggoreng dengan jumlah yang banyak. Perlu anda melengkapi menu menu gorengan dan memberikan list harga dari bermacam macam gorengan, dijamin bisnis ini sangat lah menggiurkan dan sangat menjanjikan sekali.

10. Tempat PS an dan Rental Ps an

usaha sampingan di desa

Yang terakhir mengenai peluang usaha sampingan di desa yang berpotensial dan sangat menguntungkan yaitu membuat tempat ps an dan tempat rental ps. Tentu saja anda harus memiliki modal untuk membeli televisi serta ps nya serta juga akan memakan biaya listrik yang digunakan untuk ps.

Namun sudah banyak yang sukses menjalankan bisnis ini karena banyak anak anak muda yang mempunyai waktu luang untuk bermain ps , selain itu juga buka tutup ps ini bisa anda tentukan sendiri. Biasanya di tempat PS untuk bermain dikenakan dengan tarif 4 ribu per jamnya dan setiap jenis ps juga berbeda-beda.

Jadi itulah mengenai usaha sampingan di desa yang bisa anda jalankan dan tentunya sangat berpotensial serta paling sukses menjanjikan. Semoga bagi anda yang ingin menjalankan usaha sampingan di desa bisa mendapatkan referensi apa saja yang ingin jalankan dari paparan bisnis di atas, sekian dan terima kasih.
























Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar