Iklan Atas Duo Loger

5 Cara Ampuh Mengatasi Anak Nakal dan Susah Diatur
4/ 5 stars - "5 Cara Ampuh Mengatasi Anak Nakal dan Susah Diatur" Cara Mengatasi Anak Nakal dan Susah Diatur - Mungkin diantara anda memiliki anak yang super duper nakal dan susah diatur? tentu saja jika s...

5 Cara Ampuh Mengatasi Anak Nakal dan Susah Diatur

Fahmi Idris
Cara Mengatasi Anak Nakal dan Susah Diatur - Mungkin diantara anda memiliki anak yang super duper nakal dan susah diatur? tentu saja jika sang anak ngeyel,nakal serta susah di atur akan membuat orang tua terasa jengkel dan ingin marah terus jika anaknya itu sangat nakal. Tentu saja sebagai orang tua harus bisa menahan rasa marah dan menahan untuk memarahi anak tersebut, karena jika memarahi anak bisa tambah lebih nakal lagi. Akan tetapi anda jangan khawatir, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang nakal serta susah diatur.
Cara Ampuh Mengatasi Anak Nakal dan Susah Diatur

Memang pada umumnya tidak semua anak menurut dengan nasehat orang tua, baik, pandai menolong dan masih banyak lainya, tentu saja karena manusia itu diciptakan berbagai macam sifat-sifatnya. Nakal merupakan suatu yang wajar bagi anak-anak, sebagai orang tua anda harus pandai mengolah anak agar menjadi baik serta penolong , dan nakal ngeyelnya bisa hilang. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab anak menjadi ngeyel ataupun nakal.

Penyebab Anak Menjadi Nakal dan Susah Di Atur

  • Faktor pergaulan anak
  • Faktor kasih sayang orang tua
  • Faktor bawaan sifat lahir
  • Faktor Sekolah
  • Faktor Pendidikan
  • Faktor perilaku orang tua
  • Faktor perilaku saudara-saudaranya
Mungkin diatas merupakan beberapa penyebab anak anda menjadi nakal dan susah diatur, lalu bagaimana cara mengatasi anak yang bandel dan susah di atur? berikut cara mengatasinya dan mengubah perilaku yang nakal.

Cara Menghadapi dan Mengatasi Anak yang Nakal dan Susah Diatur


1.Jangan Memberikan Cap "Nakal" pada Anak
Sebagian orang tua sering kali melakukan kesalahan yaitu memberikan predikat atau cap nakal pada anak , hal tersebut sering terjadi ketika sang anak berbuat suatu kesalahan. Ketika sang anak melakukan kesalahan seharusnya orang tua jangan langsung menyebutnya anak yang nakal, akan tetapi perbaiki dan kasih tahu yang benar, misalnya saja "anak suka membanting gelas", nah jangan langsung sebut anak itu nakal akan tetapi beri tahu yang baik dan benar misalnya saja" nak jangan banting gelas ya:) , nanti kalau pecah kena kacanya bisa berdarah nanti adek sakit". Jadi seperti itu, intinya jangan langsung memberikan predikat nakal, akan tetapi beri tahu yang baik agar psikologi anak menjadi baik dan tidak terbawa sampai dewasa kelak.

Baca Juga Cara Mengatasi Anak Kecanduan Nonton Youtube, Dijamin Tidak Kecanduan Lagi

2.Berikan Contoh yang Baik
Memberikan contoh yang baik merupakan cara yang paling efektif agar anak bisa menurut dan mudah diatur. Seperti anda ketahui bahwa seorang anak itu sangat pandai sekali meniru apa yang ia lihat secara langsung. Jadi jangan sekali-kali menunjukan hal yang negatif, agar anak tersebut tidak nakal dan menjadi pribadi yang baik. Jadi intinya memberikan perilaku contoh yang baik.

3.Berikan Aturan dan Sanksi yang Tegas
Memberikan sebuah aturan dan sanksi yang tegas juga merupakan salah satu faktor yang dapat mengatasi anak yang nakal, buatlah aturan-aturan yang tegas dan sanksi yang tegas agar anak tidak berani melakukan hal-hal nakal. Pemberian aturan dan sanksi sebenarnya lebih mengarah ke pembentukan dan nilai-nilai moral pada sang anak agar lebih baik dan bisa jadi panutan teman-temannya. Selain itu ketika memberikan sanksi jangan dengan kekerasan fisik akan tetapi bisa berwujud seperti salah satunya yaitu tidak diberi uang jajan.

4.Bina Anak dan Didik Anak dengan Baik
Membina anak dan mendidik anak dengan baik merupakan cara yang paling efektif agar anak tidak bandel dan ngeyel. Memperhatikan anak dari tingkah laku, pemikiran dan bermain yang perlu diawasi agar anak tidak salah pergaulan dan menjadi nakal. Maka dari itu bimbing pelan-pelan mulai dari nol dan dididik sebaik mungkin.
5.Tingkatkan Komunikasi atau Jalin Komunikasi dengan Baik
Mungkin juga anak sering nakal dikarenakan banyak masalah dan mungkin anda sebagai orang tua jarang berkomunikasi dengan anak karena terlalu sibuk bekerja. Maka dari hal tersebut kurang nya komunikasi antara anak dengan orang tua dapat menyebabkan anak nakal. Maka dari itu jalin komunikasi yang baik agar anak menjadi orang yang baik dan tidak nakal.

Jadi itulah cara mengatasi agar anak tidak nakal dan menurut dengan orang tua, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.