Skip to main content

15 Cara Menghemat Baterai Agar Tahan Lama, Dijamin Ampuh Langsung Awet

Cara Menghemat Baterai Agar Tahan Lama - Banyak sekali yang bertanya, bagaiaman sih cara menghemat baterai smartphone android agar tetap awet dan tahan lama? sebanarnya cara menghemat baterai itu sangat simple dan mudah sekali untuk diterapkan. Kita bisa melakukan langkah-langkah yang mudah dan simple agar dapat membuat baterai smartphone android tetap hidup tahan lama.Seperti kita ketahui bahwa smartphone saat ini, sangat terkenal sekali yang namanya baterai boros dan tidak tahan lama, karena banyaknya fitur yang tersedia di smartphone saat ini maka tak heran jika baterai hp cepat boros, bahkan saat ini bisa dibilang banyak sekali perangkat android memiliki daya tahan baterai yang lemah dan sedikit.

Sebelum mengetahui tips hemat baterai agar tetap awet, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai baterai android. Pada saat ini mayoritas smartphone memiliki baterai Lithium-ion atau Lithium-polymer.
Seperti kita ketahui juga kedua bahan baterai tersebut tidak memiliki memori, jadi bisa diartikan anda dapat charge atau mengisi baterai pada ponsel anda tidak harus 0%, jadi bisa berapa persen pun baterai anda misal 2 persen, 60 persen bisa langsung diisi atau dicharge.

Cara Menghemat Baterai Android

1.Matikan Semua Animasi Pada Smartphone Anda
Mungkin pada smartphone anda banyak sekali animasi yang tampil seperti misalnya pada walpaper mobile smartphone anda. Misal nya gambar air animasi bergerak, gambar kincir angin bergerak dan masih banyak sekali, tanpa anda ketahui animasi ternyata sangat banyak sekali memakan daya baterai smartphone anda sehingga baterai android anda cepat habis dan boros.

Selain animasi yang terdapat di walpaper, ada juga animasi yang bisa anda lihat setiap tindakan pada smarpthone android, maka alangkah baiknya kita percepat animasi tersebut agar baterai tidak cepat habis dengan cara:

a. Langkah pertama yaitu buka setelan atau settingan
b. Kemudian geser kebawah dan lalu pilih “About Phone”.
c.Setelah itu klik “Software Information”
d.Langkah selanjutnya geser kebawah dan tekan “Nomor bentukan” atau “Build Number” 7 kali.
e.“Sekarang Anda adalah Pengembang”, anda akan mendapatkan notifikasi seperti itu pada smartphone anda.
f.Setelah itu kembali ke setelan atau settingan dan anda akan melihat pengaturan baru yakni Opsi pengembang.

Setelah menjalankan cara di atas , berikut terdapat cara-cara bagaimana menghapus dan mengurangi animasi yang terdapat di perangkat smartphone android:

a.Langkah pertama yaitu buka opsi pengembang
b.Kemudian scroll atau geser kebawah, lalu pilih skala animasi jendela dan pilih menjadi 0,5.
c.Selanjutnya pilih “Skala animasi transisi” dan pilih menjadi 0,5.
d.Yang terakhir yaitu pilihlah "durasi animator" ubah menjadi 0,5.

Dengan menggunakan cara ini anda tidak perlu lagi repot-repot restart smartphone anda, karena ini langsung secara otomatis sistem menerapkan.Jangan lupa juga ubah walpaper anda yang non animasi atau tidak terdapat animasi , jadi yang biasa-biasa saja.

2.Install Aplikasi Secukupnya
Jika pada smartphone android anda terdapat banyak sekali aplikasi yang terinstall seperti aplikasi sosial media, pengingat, games, dan masih banyak lagi, hal tersebut nantinya akan membuat baterai anda cepat habis dan sangat boros karena banyak nya aplikasi yang terpasang pada smartphone anda.

Selain itu juga dapat menyebabkan aplikasi ikut error seperti errornya aplikasi whatsapp , aplikasi instagam error, games atau aplikasi keluar sendiri dan bahkan memori internal penuh dan habis. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal diatas seperti baterai cepat habis , install lah aplikasi secukupnya agar baterai tahan lama.

3.Install Aplikasi Penghemat Baterai
Cara menghemat baterai selanjutnya yaitu dengan cara menginstall atau memasang aplikasi penghemat baterai. Semua jenis merek hp seperti hp xiaomi, hp oppo, hp samsung, hp advan , hp asus dan masih banyak lainya dapat memasang aplikasi penghemat baterai yang dapat anda unduh di google play store.
Nantinya akan terdapat banyak sekali aplikasi penghemat baterai di google playstore kemudian unduh , install dan kemudian buka jalankan aplikasi tersebut.

4.Jangan Terlalu Banyak Widget Pada Smartphone untuk Hemat Baterai
Mungkin sebagian orang sangat suka sekali dengan banyak widget untuk mempercantik tampilan pada smartphone seperti widget jam, widget cuaca, dan masih banyak lainya . Akan tetapi jika terlalu banyak widget dapat membuat baterai pada smartphone boros dan tidak hemat.Maka cukup pasang widget seperlunya saja jangan sampai terlalu banyak karena dapat membuat baterai pada hp tidak tahan lama.

5.Menggunakan Mode Pesawat 
Seperti kita ketahui mode pesawat digunakan ketika di dalam pesawat agar sinyal tidak mengganggu pilot ketika menerbangkan pesawat. Perlu anda ketahui bahwa ketika mengaktifkan mode pesawat dapat membuat baterai smartphone anda jadi lebih awet dan tahan lama. Mode pesawat ini dapat diaktifkan dimana saja agar dapat membuat baterai jadi lebih hemat, selain itu tidak harus diaktifkan di pesawat juga.

6.Matikan GPS untuk Membuat Baterai Jadi Awet
Banyak sekali yang tidak sadar bahwa GPS yang terdapat pada smartphone sedang aktif, perlu anda ketahui jika GPS tersebut, merupakan penyebab smartphone android anda jadi boros banget, maka dari itu kita perlu menonaktifkan GPS yang terdapat di smartphone.

Selain itu jika ingin menggunakan GPS , aktifkan seperlunya, misalnya ketika hendak menggunakan Google Maps , dan masih banyak lainya, kemudian setelah selesai matikan kembali agar baterai pada smartphone tetap awet.

7.Setting Kecerahan Rendah
Terkadang banyak orang yang mengatur tingkat kecerahan layar yang terlalu terang, hal tersebut ternyata juga merupakan penyebab borosnya baterai pada smartphone anda, maka dari itu setting lah secukupnya, kalau bisa redup dan masih bisa terlihat dengan kasat mata. Agar ketika settingannya redup maka baterai anda jadi lebih awet lagi dan tahan lama.

8.Jangan Terlalu Sering Main Game
Main game memang kegiatan yang sangat mengasyikan seperti salah satunya memainkan game mobile legends bang bang yang sedang ramai di kalangan masyarakat. Namanya main game yang asyik tidak mungkin juga main game hanya 5 menit, pastinya hingga berjam-jam dan membuat baterai cepat habis. Ketika bermain game tentu saja Ram dan juga sistem dipaksa bekerja keras untuk menjalankan game, maka dari itu tak heran jika baterai juga ikut bekerja keras dan cepat habis.

Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah, yakni jangan terlalu sering main game di smartphone anda agar baterai tahan lama, ditambah lagi mengaktifkan mode pesawat, baterai anda jadi lebih awet banget. Jika anda benar-benar seorang gamers maka disarankan membeli smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang tinggi, sehingga bisa lebih awet lagi.

9.Jangan Terlalu Streaming Video 
Cara menghemat baterai selanjutnya yaitu jangan sering nonton video secara streaming seperti nonton youtube, nonton drama korea, dan streaming lainya. Ketika proses streaming maka hp akan terus berusaha mencari sinyal,suara juga akan aktif, dan kecerahan layar juga akan aktif. Hal tersebut dapat membuat baterai anda habis seketika. Maka dari itu jika ingin streaming, sangat disarankan menggunakan komputer atau laptop.

10.Non Aktifkan Suara/Dering
Mungkin banyak orang yang mengatur smartphonenya diaktifkan nada dering dan nada lainya. Jadi ketika ada notifikasi sms masuk, telefon masuk, alarm dan lainya akan ada suara atau nada notifikasi masuk. Hal tersebut juga dapat membuat baterai smartphone android jadi boros dan tak tahan lama. Maka dari itu jika ingin awet maka cukup ubah di mode silent atau mode diam.

11.Gunakan Tethering Seperlunya
Tethering atau mengaktifkan hotspot portabel , untuk berbagi koneksi jaringan kepada teman-teman atau pun tetangga . Ketika anda mengaktifkan tethering ini ternyata dapat membuat baterai anda terkuras sampai habis dan tidak tersisa.  Maka anda harus bijakan menggunakan tethering ini seperlunya saja agar baterai anda awet.

12.Power Bank Selalu di Bawa
Jika anda menginginkan baterai anda tidak cepat habis dan tetap awet, maka cukup siapkan saja power bank, jadi ketika baterai anda sudah mulai berkurang langsung colokan saja power bank anda.

13.Matikan Fitur-Fitur yang Jarang Dipakai
Terkadang banyak pengguna ponsel yang lupa mematikan fitur-fitur yang jarang dipakai seperti bluetooth. Maka anda perlu mematikan fitur tersebut dengan cara masuk ke pengaturan > bluetooth, kemudian non aktifkan.

14.Gunakan Wifi Seperlunya
Jika kalian para gretongers serba comot wifi, terkadang lupa untuk mematikan wifi, perlu kalian ketahui jika wifi aktif maka akan membuat baterai cepat habis dan terkuras, maka dari itu jangan lupa matikan wifi setelah selesai di gunakan.

15.Gunakan Tema yang simpel
Penggunaan tema yang simpel untuk smartphone juga dapat membantu baterai menjadi tetap awet, seperti pemilihan tema yang berwarna gelap hanya satu warna saja, dan tema satu warna lainya yang simple.

Kesimpulan
Jadi begitulah tips cara menghemat baterai pada android yang dapat diterapkan langsung agar baterai anda jadi lebih tahan lama dan tidak cepat habis, jangan lupa gunakan seperlunya saja aplikasi,fitur-fitur , dan lainya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar