Iklan Atas Duo Loger

10 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Dini
4/ 5 stars - "10 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Dini " 10 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Dini  - Memiliki sebuah anak memang sudah karunia dari sang pencipta yang maha esa. Past...

10 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Dini

Fahmi Idris
10 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Dini - Memiliki sebuah anak memang sudah karunia dari sang pencipta yang maha esa. Pastinya juga kebanyakan orang tua 100% menginginkan anaknya pintar dan cerdas sejak dini agar kelak nanti waktu sudah dewasa atau besar dapat menjadi orang yang berhasil dan sukses membanggakan orang tuanya.

Namun masih ada juga yang masih belum mengetahui, apa saja sih yang dapat membuat anak jadi pintar dan cerdas dari sejak kecil ataupun usia dini, berikut cara mendidik anak agar pandai dan cerdas sejak kecil.

1.Berikan Minum ASI
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ASI merupakan makanan bayi yang sangat sempurna selama enam bulan pertama. Banyak sekali penelitian di dunia yang sudah berhasil membuktikan bahwa kandungan yang terdapat di dalam ASI mampu membuat otak sang bayi jadi lebih cerdas dan pandai.

Selain itu juga kandungan ASI tersebut juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi. Jadi anda sebagai orang tua harus memberikan ASI ekslusif ke bayi anda jika ingin membuat anak anda jadi lebih pintar dan cerdas sejak usia dini.

2.Membacakan Cerita ataupun Dongeng
Seorang anak pastinya akan suka sekali jika orang tuanya membacakan cerita ataupun dongeng. Ketika anda sebagai orang tua menceritakan sebuah cerita misalnya cerita antara singa dan tikus, nantinya anak anda akan menyimak kosa kata yang anda bacakan di dalam cerita tersebut.

Baca Juga Cara Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Membaca

Selain itu juga jika buku cerita tersebut dilengkapi dengan gambar, tentunya anak anda akan melihat gambar yang ada di cerita tersebut kemudian akan muncul rasa keingintahuan mengenai hal yang baru atau baru pertama kali sang buah hati lihat.

Jadi anda kemudian mengenalkan serta menjelaskan , misal nama-nama hewan yang ada di cerita ataupun dongeng tersebut. Hal tersebut mampu membuat anak menjadi kaya perbendaharaan kata serta pandai dan terampil dalam berbahasa.

3.Berikan Sarapan Pagi yang Rutin

Saat ini banyak orang tua yang mengabaikan anaknya untuk sarapan pagi, padahal sarapan pagi itu sangatlah penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Sarapan pagi untuk anak dapat memberikan manfaat yaitu otak menjadi lebih cerdas, terhindar dari penyakit maagh, menjaga konsentrasi, dan menyegarkan otak.

Sarapan pagi bisa diberikan seperti pemberian makanan yang sehat kaya karbohidrat ,vitamin, dan nutrisi yang baik untuk perkembangan anak. Sarapan pagi ini dimulai dari jam 06.00 pagi sampai batas nya jam 10.00. Lakukan secara  rutin sarapan pagi, jika ingin membuat anak anda jadi lebih cerdas dan pintar.

4. Ajak Bermain
Sesuai fakta, banyak orang tua saat ini sibuk dengan urusan pekerjaannya dan bisa dibilang dikejar deadline yang tak henti-henti hingga lupa untuk mengajak seorang anak untuk bermain. Padahal jika seorang anak bermain dapat meningkatkan kecerdasan otak pada anak.

Misalnya diberikan sebuah permainan yang edukatif yaitu bersifat mendidik anak , salah satunya memecahkan puzzle bergambar, nantinya anak akan lebih kreatif dan terampil dalam menyusun puzzle tersebut.

Jika ingin anak pintar dalam bidang matematika maka ajari berhitung dan kenalkan angka-angka walaupun sedikit demi sedikit.Selain itu juga ikuti anak ketika sedang bermain agar anda dapat mengetahui apa minat dan bakat yang dimiliki oleh anak anda.

5. Ketahui Gaya Belajar Anak
Sebagai orang tua wajib sekali mengetahui gaya belajar anak agar nantinya anak pandai dari kecil, anda dapat melakukan dengan suatu pengamatan kepada anak, jika anak anda suka membaca ataupun melihat buku maka merupakan gaya belajar visual yakni serba melihat ataupun membaca.

Kemudian jika anak anda suka menyanyi, menghafal sambil menyanyi, banyak berbicara, maka anak anda gaya belajarnya merupakan gaya belajar auditoris jadi serba suara. Jadi anda sebagai orang tua harus benar-benar memahami gaya belajar yang disukai oleh anak agar bisa menjadi anak yang pintar di sekolah dan brilian.

6.Berikan Makanan dan Minuman yang Bergizi
Memberikan sebuah makanan dan minuman yang bergizi merupakan faktor yang sangat kuat untuk memengaruhi kecerdasan otak yang dimiliki oleh seorang anak. Misalnya dalam pemberian makanan, berilah makanan yang banyak mengandung vitamin, protein dan gizi yang baik.

Seperti memberikan sayur atau buah kepada anak serta omega 3 juga , serta berilah minuman seperti ASI jika masih bayi ataupun susu sapi yang segar. Hal tersebut mampu membua anak jadi lebih pandai dan berprestasi nantinya.

Selain itu juga wajib dihindari oleh anak-anak yaitu pemberian makanan junk food, atau serba instan, karena makanan junk food banyak mengandung lemak, kalori, serta gula yang tinggi yang dapat memengaruhi tingkat kecerdasan otak anak.

7.Batasi dan Awasi Anak Mainan HP atau Nonton Televisi
Saat ini banyak sekali balita yang mengalami kecanduan mainan hp atau gadget, perlu kita ketahui bahwa pada hp atau gadget ini jika terlalu sering dimainkan maka radiasi yang terdapat pada hp atau gadget ini dapat mempengaruhi perkembangan otak pada anak.

Maka dari itu anda sebagai orang tua harus membatasi dan mengawasi anak mainan hp, jangan sampai kecanduan cukup kenalkan saja sedikit mengenai hp atau gadget. Sedangkan untuk televisi , kalau bisa jangan sampai nonton televisi.

Saat ini banyak sekali acara-acara yang kurang mendidik sikap dan moral pada anak, seperti adanya pekelahian,pertengkaran, kisah cinta dan masih banyak hal yang sekira anak-anak wajib menghindari hal tersebut. Jadi intinya cukup dikenalkan saja mengenai hp ataupun televisi.

8.Berikan Jadwal Jam Tidur yang Rutin dan Konsisten

Orang tua harus memberikan jadwal jam tidur untuk sang buah hati, dimana jika seorang anak memiliki jam tidur yang cukup maka dapat mempengaruhi aspek kognitif pada anak, pemecahan suatu masalah yang dipecahkan oleh anak, memori anak, dan cara anak mengambil suatu keputusan.

Selain itu juga jika seorang anak kurang dalam waktu pemberian jam tidur, juga dapat berdampak buruk bagi anak seperti kurang nya daya konsentrasi ketika belajar di sekolah, dan kurang fokus terhadap pelajaran.

9.Berikan Kasih Sayang Sepenuhnya untuk Menjaga Keharmonisan atau Kehangatan Keluarga

Coba saja lihat banyak anak yang putus sekolah, malas belajar, malas mencari ilmu, dikarenakan orang tuanya terdapat problem atau bisa juga anak tersebut kita sebut broken home. Tentu akan berbahaya sekali dampaknya untuk anak.

Maka dari itu pastinya semua orang tua tidak menginginkan hal tersebut, maka jaga kehangatan dan keharmonisan keluarga agar anak dapat berprestasi dan pintar di sekolah , lalu bisa membanggakan orang tua.

Baca Juga 4 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Kehabisan Uang Khusus Anak Kos

10.Setelah Usaha Berdoa Pada Sang Pencipta

Ketika anda sebagai orang tua sudah berusaha keras mendidik anak anda agar supaya pintar dan cerdas, jangan lupa meminta doa agar dimudahkan dan diberi ridho oleh sang pencipta. Seperti kita ketahui bahwa kesuksesan dan kepintaran datang hanya dari kepada NYA.

Jadi itulah 10 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Dini , cara-cara ini bisa diterapkan di rumah anda. Memiliki anak yang cerdas dan aktif dalam dunia pendidikan serta penurut merupakan harapan besar bagi orang tua.